Rabu, Mei 22, 2024
Polhukam

Banyak Inovasi Dan Prestasi, Polres Karawang Dapat Penghargaan Dari LEMKAPI

Karawang, arusperubahan.com – Polres Karawang mendapatkan penganugerahan penghargaan presisi awards tahun 2021 dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) di Aula Mapolres Karawang, Kamis (5/8/2021).

Penghargaan Presisi Awards diberikan oleh LEMKAPI kepada Polres Karawang atas dedikasi yang tinggi Kapolres beserta jajarannya. LEMKAPI menilai banyak prestasi dan inovasi yang dilakukan oleh Polres Karawang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Dari riset yang kami lakukan selama dua bulan, banyak inovasi dan prestasi yang dilakukan Polres Karawang. Ini hasil penelitian yang sangat panjang,” kata Direktur Eksekutif LEMKAPI Dr. Edi Saputra Hasibuan saat memberikan penghargaan kepada Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra.

Edi Saputra Hasibuan menuturkan, beberapa yang menjadi inovasi dan prestasi Polres Karawang ialah sebagai penggagas pembuatan aplikasi Karawang Tangguh dan command center yang berguna dalam percepatan pelayanan publik, dalam hal pengaduan masyarakat sekaligus antisipasi tindak kejahatan kriminal atau Crime Actions di wilayah hukum Polres Karawang.

“Selain pengaman dan pengayom, Polres Karawang juga menjadi penolong bagi masyarakat,” ujarnya.

Inovasi lainnya, lanjut dia, ialah sebagai penggagas mobil patroli tangguh sebanyak 22 unit yang dilengkapi alat pencuci tangan untuk mendukung percepatan penanganan covid 19 di Kabupaten Karawang. Dengan adanya mobil patroli tangguh yang terparkir di beberapa tempat yang menjadi pusat keramaian untuk mencegah penyebaran Covid-19. Mobil yang dilengkapi faislitas air untuk mencuci tangan itu juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di masa pandemi covid 19 ini.

“Saat ini kehadiran masyarakat lebih dirasakan oleh masyarakat. Kami sudah cek sendiri ke lapangan,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, Polres Karawang juga berinovasi dalam pelaksanaan vaksinasi keliling dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi nasional, sehari sejuta vaksin sampai ke pelosok-pelosok daerah terpencil di wilayah kabupaten Karawang.

“Polres Karawang bersinergi dengan Pemda Kabupaten Karawang dan Kodim 0604 Karawang dalam mendukung percepatan vaksinasi. Hal ini merupakan wujud implementasi program Kapolri jenderal polisi Drs Listyo Sigit Prabowo dalam mewujudkan Polri yang produktif responsibilitas dan transparansi berkeadilan (Presisi),” tuturnya.

Sementara Kapolres Karawang AKBP Rama samtama Putra mengaku, penghargaan yang didapatkan dari LEMKAPI ini merupakan penyemangat bagi ia dan seluruh jajarannya, untuk lebih giat dan optimal memberikan pengabdiannya kepada masyarakat.
“Selain pelindung dan pengayom, tadi bahkan disebut juga sebagai penolong,” ucapnya.

Rama mengatakan, di masa pandemi covid-19 ini, jajaran TNI, Polri bersama pemerintah daerah dan komponen lainnya harus bersinergi menyamakan persepsi, terkait dengan upaya penanganan penurunan angka penyebaran covid 19 di Karawang. Untuk itu, selain menjalankan tugas pokok kepolisian sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang, pihaknya juga akan lebih giat dalam upaya pengendalian covid 19.

“Di Karawang sudah mulai menurun. PPKM juga sudah turun dari PPKM level 4 menjadi PPKM level 3. Semoga kita menjadi zona kuning hijau dan juga sampai dengan level 1 sehingga semua dapat menjalankan aktivitas dengan baik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *