Selasa, April 23, 2024
Sosial

Sambut HUT RI Ke-75, Warga Blok W Perumnas BTJ Antusias Pasang Bendera

KARAWANG, arusperubahan.COM – Berbagai cara dilakukan warga negara Indonesia untuk memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya ditunjukkan oleh warga Perumnas Bumi Telukjambe Blok W RT. 01 RW. 12, Desa Sukaharja, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 01 RW. 12, Samin, mengatakan, pemasangan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul ini sudah rutin dilakukan warga. Kegiatan ini sebagai salah satu cara warga Perumnas Bumi Telukjambe Blok W RT. 01 RW. 12 untuk mengenang perjuang para pahlawan yang mempertaruhkan jiwa dan raganya demi membela bangsa Indonesia agar dapat merdeka.

“Sudah disepakati bersama oleh para tokoh masyarakat di Perumnas Blok W khususnya RT. 01 RW. 12, beginilah cara kami menunjukkan nasionalisme sebagai wujud cinta kami kepada NKRI,” kata Samin, disela-sela kerja bakti memasang bendera, Sabtu (8/8/2020).

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Blok W, Sofyan Hidayat, yang akrab disapa Ayah Sofyan, menuturkan bahwa semangat Pancasila juga menjadi salah satu pemicu untuk memasang bendera dan umbul-umbul ini. Gotong-royong semua warga dilakukan dengan penuh suka cita,” tuturnya.

Sedangkan Ketua RW. 12, Mumu Nugraha, mengungkapkan, pemasangan bendera ini sebagai simbol penghormatan kepada pahlawan yang tidak gentar memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pasalnya, tidak sedikit dari perjuangan para pahlawan itu harus dibayar dengan nyawa.“Ini merupakan komitmen kami, wujud kerja nyata dalam meningkatkan rasa nasionalisme warga Perumanas Blok W RW. 12m,” tegasnya.

Menurutnya, jiwa nasionalisme tidak boleh padam, harus terus berkobar hingga akhir hayat, tidak terkecuali kepada generasi muda agar tidak mudah goyah dengan embel-embel budaya asing.

“Anak muda juga harus menjadi ujung tombak semangat kemerdekaan. Pemasangan bendera ini juga sebagai bentuk gotong royong yang kuat antar warga, meskipun begitu karena saat ini penyebaran Covid-19 masih fluktuatif, warga dihimbau tetap menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19,” himbau Mumu Nugraha. (pas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *