Kamis, April 25, 2024
Polhukam

Irjen Pol. Ahmad Dofiri, Wong Dermayu Jabat Kapolda Jabar

JAKARTA, arusperubahan.COM – Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Dofiri resmi menggantikan Irjen Pol. Rudy Sufahriadi, menjabat Kapolda Jawa Barat, setelah dilantik Kapolri Jenderal Idham Aziz, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (20/11). Ahmad Dofiri yang Wong Dermayu ini, merupakan peraih Bintang Adhi Makayasa 1989.

 Sebelum jadi orang nomor satu di Polda Jabar, Ahmad Dofiri pernah memimpin dua polda yakni Polda Yogyakarta dan Polda Banten pada 2016 lalu.

Dalam siaran persnya  yang diterima arusperubahan.com, Kapolri  memberikan pesan kepada para Kapolda yang baru dilantik agar mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak 2020  dan pengamanan Natal dan tahun baru.’’Serta yang lebih prioritas bagaimana Polri mendukung pemerintah dalam rangka menanggulangi penyebaran penularan Covid-19,’’ kata Kapolri.

Dalam Pilkada  Serentak tanggal 9 Desember mendatang, Kapolri menekankan, seluruh personel untuk bersikap netral. “Pastikan netralitas baik secara organisasi maupun individu. Berikan jaminan bahwa penyelenggaraan tahapan Pilkada sesuai dengan protokol kesehatan dan berjalan aman,” ujar Kapolri.

Kapolri mengingatkan, pandemi Covid-19 hingga saat ini belum menunjukan tren penurunan. Sampai saat ini  yang terkonfirmasi positif Covod-19 sudah mencapai 483.518 orang dan sebanyak 15.600 orang dinyatakan meninggal dunia.”Negara juga mengalami resesi ekonomi nasional pertumbuhannya minus selama tiga  kuartal berturut-turut. Oleh karena itu, pemerintah  berharap banyak kepada TNI dan Polri, sehingga mari kita laksanakan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,” ajak Kapolri. 

Tujuh Kapolda lainnya yang dilantik yaitu, Irjen Pol Putu Jayan Danu (Bali), Irjen Pol Refdi Andri (Maluku),  Irjen Pol  Nico Afinta (Jatim), Irjen Pol M Fadil Imran (Metro Jaya), Irjen Pol  Rikwanto (Kalsel) ,  Irjen Pol   Risyapudin Nursin (Malut), Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo (Jambi), Irjen Pol  Firman Shantyabudi (Aslog), Brigjen Ferdy Sambo (Kadiv Propam).

Irjen Pol. Ahmad Dofiri yang lahir di Indramayu pada tanggal 4 Juni 1967 ini, memulai karier di Korps Bhayangkara dimulai saat ia masuk Akademi Kepolisian (Akpol). Ia lulus pada 1989 dengan status lulusan terbaik atau Adhi Makayasa.

Tak lama lulus Akpol, Dofiri dipercaya sebagai Kepala Unit Reserse dan Intelijen Polsek Tangerang Kota, pada 1990.

Ia kemudian diangkat Kepala Subbagian Jabpamentil Bagian Sumber Daya Manusia Polri pada 2005.

Ia kemudian menjadi Kapolres Bandung pada 2007. Dua tahun kemudian ia diangkat menjadi Wakil Kepala Polwiltabes Bandung pada 2009.

Tahun 2013 Dofiri diangkat menjadi Wakapolda Yogyakarta sebelum diangkat menjadi Kapolda Banten pada 2016.

Ia kemudian kembali ke Yogyakarta dengan menjadi Kapolda Yogyakarta. Dofiri kemudian dipercaya sebagai Asisten Logistik Kapolri sebelum dilantik menjadi Kapolda Jabar. (din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *