Kamis, April 25, 2024
Sosial

Masjid Ar-Rahman Blok W Gelar Sholat Idul Adha dan Potong Hewan Qurban

KARAWANG, arusperubahan.COM – Pada malam hari menjelang hari raya setiap umat Islam disunahkan untuk mengumandangkan takbiran. Jika takbiran saat Idul Fitri hanya 1 hari saja, lain halnya dengan takbiran Idul Adha. Takbir muqayyad Idul Adha dilaksanakan dalam waktu lebih lama, yakni lima hari, mulai tanggal 9 sampai 13 Dzulhijjah setiap selesai shalat, baik fardhu ataupun sunah.

Tak heran, pada malam Idul Adha gema takbir berkumandang di seluruh dunia, begitu juga di Masjid Ar-Rahman Perumnas Bumi Telukjambe Blok W. Gema takbir dan tahmid berkumandang dari malam hingga pagi hari.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Ar-Rahman, Perumnas Bumi Telukjambe Blok W, H. Yana Suryana mengatakan,  masjid Ar-Rahman menggelar shalat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah. Dalam pelaksanaannya, masjid akan dilengkapi dengan protokol kesehatan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

“Sesuai arahan Bupati Karawang, dalam pelaksanaan sholat Idul Adha kami tetap menggunakan protokol kesehatan , jemaah diminta untuk berwudhu dari rumah, memakai masker dan membawa sajadah sendiri,” kata Haji Yana Suryana, ketika dikonfirmasi, Jumat (31/7/2020).

Sementara itu berdasarkan laporan dari panitia Idul Adha Masjid Ar-Rahman, untuk tahun ini Masjid Ar-Rahman menerima titipan hewan qurban sebanyak 10 ekor sapi dan 6 ekor domba, dengan perincian 8 sapi titipan warga Blok W Desa Sukaharja dan 2 Sapi titipan warga Blok W atas Desa Sukaluyu. Adapun 6 ekor domba merupakan titipan warga blok W Desa Sukaharja.

Antusias warga Blok W dan sekitarnya sangat antusias dalam melaksanakan sholat Idul Adha maupun saat pemotongan hewan qurban, mereka tampak kompak dan bahu membahu antara panitia, relawan dan warga melakukan pencacahan hewan qurban yang sudah dipotong. Begitu juga para Ibu-Ibunya sigap menyiapkan makanan untuk panitia dan relawan. Meskipun begitu protocol kesehatan tetap dijaga, masker tetap harus dipakai.

Sedangkan berdasarkan data yang berhasil dihimpun di lapangan, jumlah hewan qurban se DKM Perumnas Bumi Telukjambe  yaitu untuk Blok A : 5 ekor sapi dan 14 ekor domba, Blok B : 7 ekor sapi dan 4 ekor domba,  Blok C : 4 ekor sapi, Blok D : 9 ekor sapi dan 9 ekor domba, Blok E : 1 ekor sapi, Blok F : 7 ekor sapi dan 23 ekor domba, Blok G : 5 ekor sapi dan 18 ekor domba, Blok H : 2 ekor sapi dan 5 ekor domba,  Blok I Lama : 5 ekor sapi dan 6 ekor domba, Blok I Banowati : 5 ekor sapi dan 7 ekor domba,  Blok J : 8 ekor sapi dan 6 ekor domba, Blok K : 4 ekor sapi dan 5 ekor domba, Blok L : 10 ekor sapi dan 36 domba, Blok M : 7 ekor sapi dan 6 ekor domba, Blok N : 6 ekor sapi dan 13 ekor domba, Blok O : 2 ekor sapi dan 5 ekor domba, Blok P : 4 ekor sapi dan 9 ekor domba, Blok R : 6 ekor sapi dan 10 domba, Blok S Istiqomah : 2 ekor sapi dan 11 domba, Blok S Hidayatussalam : 9 ekor sapi dan 12 kambing, Blok T : 10 ekor sapi dan 20 domba, Blok U : 5 ekor sapi dan 14 ekor domba, Blok V : 3 ekor sapi dan 8 ekor domba, Blok W : 10 ekor sapi dan 6 ekor domba, Blok X : 6 ekor sapi dan 9 ekor domba, Blok Y : 4 ekor sapi, Perumahan Harmony : 5 ekor sapi dan 10 domba. (pas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *